Breaking

Post Top Ad

Rabu, 30 Agustus 2017

Ini Dia Trik Mengurangi Kalori pada Nasi

Segelas nasi putih mengandung sekitar 200 kalori, biasanya dikonsumsi ketika makan besar. Berdasarkan lansiran Health.com (15/07/2016) ada cara alami untuk mengurangi kalori pada nasi: tambahkan lemak, lalu dinginkan. Hasil riset oleh American Chemical Society, menggunakan minyak kelapa lalu memasukannya ke dalam kulkas akan mengurangi kalori dengan persentase 60%.

Nasi terdiri dari zat tepung yang mudah dicerna sementara kandungan karbohidratnya disebut pati resisten. Menurut penelitian, pati resisten adalah kunci untuk mengontrol berat badan. Manusia tidak memiliki enzim untuk mencerna pati resisten, sehingga tidak langsung diubah menjadi gula lalu diserap dalam aliran darah. Melainkan, melewati usus kecil yang prosesnya berupa fermentasi menjadi asam lemak.

Penelitian dari Universitas Ilmu Kimia di Srilanka menyebut bahwa sifat nasi yang mudah dicerna dapat diubah menjadi tipe sulit dicerna dengan cara mengurangi jumlah kalorinya. Percobaan yang dilakukan terhadap 38 jenis nasi dan stimulasi pencernaan manusia, mereka mendapatkan cara untuk mengurangi kalori pada nasi. Caranya adalah menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air mendidih, lalu tambahkan setengah gelas beras putih. Beras dimasak selama 40 menit. Setelah nasi menjadi tanak, dinginkan dalam kulkas selama 12 jam.

Hasil menunjukkan bahwa metode ini dapat mengurangi kalori sebesar 50-60%. Selain itu, penelitian juga membuktikan memanaskan nasi kembali sebelum dikonsumsi tidak mengubah zat pati resisten. Jadi, diet masih bisa dilakukan dengan tetap memakan nasi hangat. (Sumber: Indria Putri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Halaman